Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Peringati 17 Agustus, Kiprah Jathilan Bheksa Turangga Muda Mengguncang Perum Bumi Nagara Lestari

SERANG RAYA
Kamis, 17 Agustus 2023
Last Updated 2023-08-17T12:25:45Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates


SERANG, serangraya.com - Kesenian Jathilan Bheksa Turangga Muda dari Bumi Ciruas Permai Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang menggelar perform di Perumahan Bumi Nagara Lestari Kamis 17 Agustus 2023.


Gelar kesenian tradisional tersebut dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, untuk menghibur warga masyarakat RT 026 RW 005 Perumahan Bumi Nagara Lestari di Desa Nagara Kecamatan Kibin Kabupaten Serang Provinsi Banten.


Kesenian tradisional Jathilan Bheksa Turangga Muda menampilkan berbagai tari diantaranya Tari Rampog buta, Tari Kuda Putri, dan Tari Kuda Putra.


Diketahui bahwa kesenian tradisional Jathilan berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perpaduan seni tari dengan tari mistik, dimana penari sering mengalami kesurupan oleh makhluk halus yang di undang pawang Jathilan.


Pimpinan Seni Jathilan Bheksa Turangga Muda Gunawan, menjelaskan kesenian yang dilestarikan merupakan warisan budaya Nenek moyang dimana keberadaannya sering terlupakan seiring dengan kemajuan tekhnologi.


" Selain sebagai hiburan, kesenian Jathilan adalah warisan budaya leluhur yang tidak kalah unik dari kebudayaan luar, sanggar yang kami bentuk untuk menumbuhkan kecintaan para generasi terhadap budaya sendiri, sekaligus sebagai ajang berlatih berkesenian Jathilan," kata Gunawan 


Terpantau masyarakat sangat antusias menyaksikan perform Kesenian Jathilan Bheksa Turangga Muda hingga lokasi pentas dipenuhi warga yang ingin menonton kesenian tradisional Jathilan. Semakin sore semakin bertambah penonton.


Hadir ditengah masyarakat, Kepala Desa Nagara H.Abdul turut menyaksikan kesenian Jathilan Bheksa Turangga Muda, bahkan berkenan menyawer penari dan pemain musik Gamelan. (*/jaka) 

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl